Friday, November 24, 2006

kembali ke Quran

Aku dijadikan hiasan
Aku dipuja dan dikeramatkan
Aku dijadikan hadiah dalam perkawinan

Aku dilagukan dalam perlombaan
Diangkat di atas kepala sebagai saksi dalam sumpah dan perjanjian
Dan sering baru dicari ketika ada perselisihan

Terkadang aku diberikan ciuman
Ada pula yang memberhalakan
Menganggapku sebagai jimat keselamatan

Aku dibaca dari perayaan ke perayaan
Di dalam rak pajangan aku disimpan
Lalu nilai-nilai permanenku tertutup oleh debu kejahilan

*

Kapankah mereka menjadikanku sumber petunjuk dan peringatan?
Kapankah mereka menjunjungku di atas pengada-adaan?
Mengapakah pesan-pesanMu ini dikesampingkan?
Jika itu bukan dari Tuhan, kamu dapati di dalamnya banyak pertentangan

Sementara orang merasa telah mengikuti rasul Tuhan
Tunduk patuh pada tradisi dan ritual-ritual tambahan
Sungguh menyedihkan apa yang rasul keluhkan di hari pembalasan
“Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah meninggalkan Quran” (25:30)

Semua telah aku berikan
Terhadapku, membaca dan mengingatnya telah dimudahkan
Adakah yang akan mengambil pelajaran?
Kepada perkataan yang mana lagi mereka mau beriman?

Manusia telah terpecah dalam banyak golongan
Masing-masing berselisih tetapi saling membanggakan
Hanya dengan kembali kepadaku, Quran
Mereka akan bersatu dalam kedamaian dan kejayaan

***

A.L.M.
Kitab ini tiada keraguan padanya
Petunjuk bagi mereka yang bertakwa

No comments: